SELAMAT DATANG DI BLOG MAS JUWAINI http://masjuwaini1.blogspot.com

Rabu, 13 November 2013

RPP EKONOMI



I.   IDENTITAS
     Satuan Pendidikan                         : SMKN 2 NGANJUK
     Kompetensi Keahlian                     : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
     Mata pelajaran                                : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
     Kelas / Semester                             : XI / GANJIL
     Pertemuan ke                                 : 1 dan 2
     Alokasi Waktu                               : 2  x 45 menit

II.  STANDAR KOMPETENSI      : 3.Memahami Permasalahan Ekonomi dalm kaitannya dengan  kebutuhan manusia ,kelangkaan dan Sistem ekonomi

III. KOMPETENSI DASAR           : 3.1Mengidentifikasi kebutuhan manusia

IV. INDIKATOR
       A. Akademik                                : 1. Kebutuh an manusia dideskripsikan sesuai dengan pe
                                                                   ngertiannya
                                                              2. Kebutuhan manusia diidentifika sikan sesuai dengan
                                                                  macamnya
                                                              3. Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi
                                                                  sesuai dengan sifat nya.

B. Pend. Karakter Bangsa                        :  Kerja Keras, Rasa ingin tahu, Kreatif
V.  TUJUAN PEMBELAJARAN  :
A. Akademik                               
             1. Pengetahuan                       : a. Siswa mampu mendiskripsikan  pengertian kebutuhan
                                                                 manusia
                                                             b. Siswa mampu mengidentifikasikan macam-macam keb
                                                             c. Siswa mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi
                                                                 kebutuhan

      2. Sikap                                   : Sikap yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam
                                                        Dari sesuatu yang dipelajarinya
      3. Keterampilan                      : Menciptakan suasana kompetisi yang sehat dan menantang
                                                        Untuk bekerja keras
B. Pend. Karakter Bangsa                        : Kerja Keras, Rasa ingin tahu, Kreatif
VI. MATERI PELAJARAN :
Pertemuan Ke 1                     :  - Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
Pertemuan ke 2                     :  - Kebutuhan manusia diidentifikasikan sesuai dengan macamnya
Pertemuan ke 3                     :  - Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai
                                                    Dengan sifatnya.
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
           

            Pertemuan 1
No
Proses KBM
Waktu
Nilai Karakter
1.
Kegiatan awal :
1.     Kesiapan kelas
·         Memberi salam/ Do’a
·         Checking Presensi Kelas
2.  Appersepsi
·       Guru menginformasikan standart kompetensi, kompetensi Dasar, indicator serta metode yang diterapkan dalam mempelajari materi.
·       Guru melakukan penjajakan , pemahaman mengenai pengertian tentang kebutuhan manusia.

10 Menit

Religius
2.
Kegiatan Inti :
1.          Guru melakukan presentasi bahan ajar tentang pengertian kebutuhan manusia.
2.          Guru memberi perintah untuk mengkaji tentang pengertian tentang kebutuhan manusia.
3.          Siswa melakukan kajian tentang pengertian kebutuhan manusia.
4.          Guru melakukan penilaian kognitif dan afektif.


60 Menit






·   Kerja Keras
·   Komunikasi
·   Disiplin
·   Rasa ingin tahu





3.
Kegiatan akhir :
1.        Guru memberikan penegasan tentang pengertian kebutuhan manusia.
2.        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya.
3.        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.

20 Menit







Pertemuan ke 2

No
Proses KBM
Waktu
Nilai Karakter
1.
Kegiatan awal :
1. Kesiapan kelas
·         Memberi salam/ Do’a
·         Checking Presensi Kelas
2.  Appersepsi
·       Guru menginformasikan standart kompetensi, kompetensi Dasar, indicator serta metode yang diterapkan dalam mempelajari materi.
·       Guru melakukan penjajakan , pemahaman mengenai macam-macam kebutuhan

10 Menit

Religius
2.
Kegiatan Inti :
1.          Guru melakukan presentasi bahan ajar tentang macam-macam kebutuhan manusia.
2.          Guru memberi perintah untuk mengkaji tentang macam-macam kebutuhan manusia.
3.          Siswa melakukan kajian tentang macam-macam kebutuhan manusia.
4.          Guru melakukan penilaian kognitif dan afektif.


60 Menit






·   Kerja Keras
·   Komunikasi
·   Disiplin
·   Rasa ingin tahu





3.
Kegiatan akhir :
1.        Guru memberikan penegasan tentang macam-macam kebutuhan manusia.
2.        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya.
3.        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.

20 Menit








No
Proses KBM
Waktu
Nilai Karakter
1.
Kegiatan awal :
1.  Kesiapan kelas
·         Memberi salam/ Do’a
·         Checking Presensi Kelas
2.  Appersepsi
·       Guru menginformasikan standart kompetensi, kompetensi Dasar, indicator serta metode yang diterapkan dalam mempelajari materi.
·       Guru melakukan penjajakan , pemahaman mengenai factor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

10 Menit

Religius
2.
Kegiatan Inti :
1.          Guru melakukan presentasi bahan ajar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
2.          Guru memberi perintah untuk mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tentang kebutuhan manusia.
3.          Siswa melakukan kajian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
4.          Guru melakukan penilaian kognitif dan afektif.


60 Menit






·   Kerja Keras
·   Komunikasi
·   Disiplin
·   Rasa ingin tahu





3.
Kegiatan akhir :
1.        Guru memberikan penegasan tentang factor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
2.        Guru memberikan tugas kepada siswa untuk pertemuan berikutnya.
3.        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disampaikan.

20 Menit








 VIII. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
  1. Model                                      : Jigsaw
  2. Metode Pembelajaran             : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi

IX. BAHAN/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN :
  1. Alat / Bahan                            : Laptop, LCD, Gambar
  2. Sumber                                    : Buku Paket IPS, Lks-siswa,internet, Gambar
X. PENILAIAN:
A. Bentuk Penilaian                      : Tes tulis & Lesan

B. Naskah Soal                             :
1. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia !
2. Sebutkan macam-macam kebutuhan menurut pengelompokkan !
3. Sebutkan dan jelaskan kebutuhan menurut waktunya ?
4. Apakah perbedaan Kebutuhan primer dan Kebutuhan sekunder ?
5. Apa yang dimaksud kebutuhan individu ?

Kunci jawaban :

1.      Kebtuhan manusia adalah hasrat yang timbul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi dapat mempengaruhi kelangsungan hidupnya.
2.      A. Kebutuhan menurut intensitas
·      Kebutuhan primer
·      Kebutuhan sekunder
·    Kebutuhan tersier
B.Kebutuhan menurut Waktu
·      Kebutuhan sekarang
·      Kebutuhan yang akan dating
C.Kebutuhan menurut Sifatnya
·      Kebutuhan jasmani
·      Kebutuhan Rohani
D.Kebutuhan menurut Subyeknya
·      Kebutuhan individu
·      Kebutuhan kolekif
3.      Kebutuhan menurut waktuya dibagi menjadi 2, yaitu :
a.    Kebutuhan sekarang adalah berbagai kebutuhan yang pemenuhannyaharus dilakukan pada saat sekarang.
b.    Kebutuhan yang akan dating adalah kebutuhan yang pemenuhannya baru akan dilakukan pada masa yang akan dating, baik kebutuhan yang akan terjadidalam jangka pendek maupun yang akan terjadi dalam jangka yang lebih panjang.
4.    Perbedaan kebutuhan primer dan sekunder
·      Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau yang paling penting untuk dipenuhi guna memelihara kelangsungan hidup. Contohnya : makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal
·      Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan sebagai penunjang untuk memelihara kelangsungan hidup. Contohnya :  alat rumah tangga seperti peralatan memasak, rnjang atau dipan, meja, kursi makan , dll
                                              5.            kebutuhan individu adalah kebutuhan yang timbul dala diri seseorang atau kbutuhan perseorangan .

C. Pedoman Penilaian       : Tehnik Pensekoran
                                            1. Setiap soal uraian memiliki skor yang sama yaitu 10
                                            2. skor nilai soal uraian keseluruhan maksimum
   3. Apabila semua soal dijawab benar semua diberinilai skor 50 dengan                nilai 10

       Jadi,nilai akhir tes = skor perolehan / skor maksimal




FORMAT  LEMBARAN  PEMGAMATAN
SATUAN PENDIDIK : SMK
SEMESTER                  : GANJIL          

NO

NAMA SISWA
Aspek yang dinilai
( indikator )

                                Skor                          

JUMLAH SEKOR

KRITERIA
A
B
C
D
E


1








2








3








4








5










Keterangan :

Aspek yang dinilai/indiKator
A   = Tertib mengikuti pembelajaran
B   = Kerjasama dalam kelompok
C = Keaktifan dalam diskusi
D = Menghargai dalam diskusi
E   = Pengendalian social

Tehnik penilaian:
1.                                                                                     skor maksimal tiap aspek/indikator = 5
2.                                                                                              skor minimal tiap aspek/indikator    = 1
3.                                                                                           skor akhir siswa = jumlah skor yang di peroleh x 4 ( nilai koefisien )
kriteria
A.    ( 85 - 100 )
B.    ( 70 -  84  )
C.   ( 55 -  69  )
D.   ( 40 -  54  )
E.    (      < 40  )

 Catatan :                                                                                                



        Mengetahui
    
  Kepala UPTD SMK N. 2 Nganjuk          Guru Pamong                       Guru Praktek  




                                                                 
Drs. HERU HERTANTO,M.Pd             NUR CHAYATI, S.Pd 
                                                                 

Lampiran.

Pertemuan 1

1.      pengertian kebutuhan manusia
masalah yang paling pokok dalam kehidupan manusia ialah bagai mana manusia berupaya untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidupna agar ia mampu menjaga kelangsungan hidupnya.
Kebutuhan manusia ( human needs ) adalah suatu rasa yang timbul secara alami dari dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang di perlukan dalam kehidupannya.Muncul nya kebutuhan – kebutuhan tersebut, kemudian mendorong tumbuhnya keinginan manusia (human wants) untuk memperoleh segala sesuatu yang dibutuhkan sebagai alat kebutuhan hidupnya.
Kebutuhan manusia tersebut dapat berupa kebutuhan – kebutuhan yang paling pokok utnuk pemeliharaan raga,seperti:
1.      makanan dan minuman sebagai asupan untuk membentuk energinya
2.      pakaian untuk melindungi kepekaan kulit tubuhnya dari berbagai hal
3.      tempat tinggal untuk istirahat,tidur, dan berlindung dari berbagai hal yang mungkin mencelakakan diri manusia.
Disamping kebutuhan yang berkaitan dengan raga ( jasmani), kebutuhan lainya ialah kebutuhan yang terkait dengan kejiwaan atau rohaninya, seperti rasa kasih saying, peneriman kepercayaan dan penerimaan lingkungan, serta kebutuhan sepiritual.
Sejak masa kehidupan masih primitive sampai dengan memasuki masa kehidupan modern, kebutuhan-kebutuhan manusia yang berkaitan dengan raga  (jasmani) tetap timbul dan terus tumbuh semakin banyak raganya.



Pertemuan 1

2.      MACAM – MACAM KEBUTUHAN
Timbulnya keanekaragaman kebutuhan manusia dipengaruhi oleh berbagai factor, yang kemudian macam – mavamnya dapat dibedakan menurut kelompoknya.
Dalam kenyataannya, kita banyak menemukan bermacam – macam kebutuhan manusia;berates ratus bahkan beribu ribu jenisnya.tentu saja sulit sekali bagi kita untuk mengiventarisasinya mungkin saja ketika kita merasa telah selesai mencatat semua kebutuhan,ternyata ada oranglain yang mampu mencatatnya lebih banyk dari apa yang kita catat. Bahkan, ketika kita mampu menggabungkan catatan semua kebutuhan manusia dari beberapa orang,mungkin saja sedetik atau sepuluh menit kemudian muncul kembali jenis kebutuhan lainnya.oleh karena itu , macam-macam kebutuhan yang di ketengahkan disini hanya lah menurut pengelompokanya saja.

1.      Kebutuhan menurut keutamaanya
Pengelompokan macam-macam kebutuhajn menurut keutamaanya,di dasarkan pada prioritas atau penting tidaknya suatu kebutuhan, atau prioritas kegunaanya bagi kehidupan. Menurut keutamaan atau prioritasnya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi tiga:primer,sekunder,dan tersier
a.kebutuhan primer
     kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang paling penting untuk di penuhi guna memeelihara kelangsungan hidup.kebutuhan primer ini meliputi makanan,minuman,pakaian,dan tempat tinggal (perumahan)
b.kebutuhan sekunder
     kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua sebagai penunjang untuk memelihara kelngsungan hidup.kebutuhn sekunder ini merupakan kebutuhan yang cukup penting menunjang kehidupan.pemenuhnnya dapat di hindarkan atau di tangguhkan, tetapi akan lebih baik jika dapat di penuhi untuk berbagai kemudahan kehidupan dalam rumah tangga keluarga.termasuk kebutuhan sekunder atau penunjang ini anatara lain;berupa alat-alat rumahtangga seperti peralatan memasak,tempat tidur,meja,kursi dll.
c.kebutuhan tersier
     adalah kebutuhan ketiga sebagai kelengkapan kehidupan yang sifatnya tidak terlalu penting karena bukan kebutuhan pokok tetapi hanya,pelengkap maka pemenuhannya dapat di tunda.misalnya lemari pendingin ,tv berwarna,mobil,dll
sejalan dengan perkembangan budaya,teknologi penghasilan pengolompokan jenis jenis kebutuhan sekunder dan tersier dari waktu ke waku berubah sesuai dengan perkembngan budaya dan kemakmuran masyarakat misalnya bagi golongan masyarakat tertentu lemarri es,tv berwarna,mobil,tidak lagi di anggap lagi sebagai barang mewah tetapi sudah tergolong sebagai kebutuhan sekunder.

2.kebutuhan menurut sifat kehayatannya.
     a.kebutuhan jasmani
adalah kebutuhan yang di tujukan untuk memelihara tubuh atau badan manusia(raga)misalnya berupa makanan dan minuman untuk pembentukan energy untuk beraktivitas,pakaian untuk menutupi bagian-bagian tubuh,olahraga unuk kebugaran tubuh.

                       b.kebutuhan rohani  
        adalah kebuuhan yang berkaitan dengan kejiwaan manusia yang berupa ketentraman        pengakuan,kasih saying,kepercayaan dan kerohanian seperti keagaamaan dan spiritual.

3.kebutuhan menurut subjeknya
a.kebutuhan invidu
 adalah kebutuhan yang timbul dari seseorang misalnyaseorang dokter memerlukan peralatan kedokteran seorang guru memerlukan peralatan untuk mengajar.

B.kebutuhan kolektif
Adalah kebutuhan yang sifatnya umum misalnya jembatan,rumahsakit,sekolah dll

4.kebutuhan menurut waktunya
a.kebutuhan sekarang
adalah kebutuhan yang pemenuhanya tidak dapat di tunda dan harus di lakukan saat sekarang misalnya orang sakit membutuhkan obat,orang lapar membutukan makanan.

b.kebutuhan yang akan datang
adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat di lakukan pada masa yang akan datang misalnya tabungan untuk masadepan,


C.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA
1.kemajuan peradapan.
Semakin tinggi peradaban manusia semakin tinggi,keinginan untuk meningkatkan kualitas kehidupanya.

2.kebangsaan dan budaya
Hal ini terjadi karena adanya pengaruh adat istiadat atau kebiasaan.

3.tempat tingga dan iklim(keadaan alam)
Pengaruh ini misalnya orang yang tinggal di daerah dingin memerlukan pakaian hangat.

4.agama atau kepercayaan
Misalnya dalam pembelian makanan mereka memilih makanan yang di halakan oleh agama.

5.Pendidikan
Mempengaruhi keragaman kebutuhan seseorang misalnya seorang lulusan perguruan tinggi lbh bnyk menginginkan buku bacaan dari pada lulusan sekolah dasar.



                                              6.            Pekerjaan
pengrauh inimisalnya tukang becak tidak memerlukan pakaian lengkap seperti dasi sedangkan para perkerja kantor memerlukan pakaian yang lekap seperti dasi

                                              7.            Penghasilan yang diperoleh
Besar kecilnya penghasilan akan mengubah pola komsumsinya


                                              8.            Umur
Pengaruh factor ini misalnya orang dewasa membutuhkan makanan lebih banyak. Anak – anak cederung membutuhkan makanan lebih sedikit







Tidak ada komentar:

Posting Komentar