SELAMAT DATANG DI BLOG MAS JUWAINI http://masjuwaini1.blogspot.com

Selasa, 03 Desember 2013

REFLEKSI DIRI


REFLEKSI DIRI

Nama               : JUWAINI
NIM                : 201010300570
Jurusan            : Pendidikan Matematika

Kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam semester – semester sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan meliputi: praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan konseling serta kegiatan yang bersifat kurikuler dan atau ekstra kurikuler yang berlaku di sekolah atau tempat latihan. Kegiatan PPL dimulai tanggal 26 September  sampai dengan tanggal 30 November 2013. Dalam pelaksanaannya, STKIP PGRI Nganjuk bekerjasama dengan sekolah – sekolah ataupun lembaga pendidikan di kabupaten Nganjuk dan salah satu sekolah yang ditunjuk adalah UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dan disinilah kami ditempatkan.

Puji dan syukur praktikan panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga praktikan berhasil menyelesaikan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)  di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dengan lancar dan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. Dalam kegiatan PPL  ini, kegiatan yang kami lakukan antara lain: membuat perangkat program mengajar, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan evaluasi, dan melaksanakan analisis hasil ulangan harian. Berdasarkan kegiatan yang kami laksanakan selama masa PPL, kami dapat menyimpulkan bahwa UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk memang benar – benar  sekolah yang berkompeten dalam hal pendidikan. Dan untuk memenuhi kriteria tersebut UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk telah menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk proses belajar mengajar, dengan tenaga pengajar yang terampil dan disiplin. Berkaitan dengan mata pelajaran yang kami ampu yaitu Bahasa Inggris, pembelajarannya berlangsung baik. Menurut kami yang melakukan kegiatan observasi di dalam kelas berkaitan dengan bidang studi yang kami tekuni, terdapat beberapa hal yang dapat dilaporkan sebagai refleksi diri :

1.      Keunggulan dan Kelemahan Mata Pelajaran Bahasa Inggris
A.   Keunggulan
Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang diterima oleh siswa kelas X, XI dan XII semua jurusan di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dengan rata – rara 4  jam sampai 5 jam pelajaran tiap kelas tiap minggunya. Untuk mengajarkan Matematika di perlukan guru yang profesional, karena guru yang profesional dapat membuat siswa menyukai pelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika yang bersifat pasti dapat mempermudah siswa dalam mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
B.   Kelemahan
Kelemahan yang melekat pada mata pelajaran matematika adalah siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga siswa enggan untuk mempelajarinya. Selain itu siswa juga menganggap pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang tidak ada hal yang menyenangkannya apalagi kalau sudah bertemu dengan rumus dan soal-soal. Hal ini merupakan tantangan terbesar untuk kami dalam praktik mengajar.

2.      Ketersediaan Sarana dan Prasarana PBM di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk.
Secara umum ketersediaan sarana dan prasarana belajar mengajar di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk sudah memadai. Dengan tersedianya buku-buku Matematika di perpustakaan yang dapat dipinjam oleh siswa secara Cuma – cuma, selain itu siswa juga memiliki buku LKS.

3.      Kualitas Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
A.   Guru Pamong
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk  diampu oleh Ibu Yuli Astuti ,S.Pd. Beliau mengajar di beberapa jurusan pada kelas X dan XI. Dalam proses pembelajaran seluruhnya sudah baik, karena beliau selalu memberikan materi pembelajaran dengan cara yang mudah dimengerti siswa. Selain itu beliau juga memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Tak hanya itu, model pembelajaran yang digunakan juga beragam, sehingga tidak membuat siswa bosan atau jenuh.


B.   Dosen Pembimbing
Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, kami dibimbing oleh dosen dari Prodi PDU / Ekonomi Koperasi, yaitu Ibu Hj. Umi Hidayati, S.Pd, MM. Beliau sangat terbuka pada seluruh Mahasiswa PPL yang dibimbingnya. Semua materi yang akan diajarkan dalam praktik mengajar, sebelumnya dapat dikonsultasikan pada dosen pembimbing.

4.      Kualitas Pembelajaran di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
Mata pelajaran matematika diberikan secara umum kepada seluruh siswa UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk. Menurut kami, kualitas pembelajaran matematika di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk sudah baik, tetapi tetap perlu ditingkatkan lagi,  sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.

5.      Kemampuan Diri Kami
Mengingat kami sebagai pemula dalam proses belajar mengajar sehinggga masih banyak kekurangan-kekurangan dan perlu banyak belajar baik dari guru pamong maupun guru-guru senior yang lain. Baik dari segi pembuatan perangkat pembelajaran maupun dalam praktik mengajar di kelas. kami merasa bersyukur karena memiliki guru pamong yang sabar dalam membimbing dan mengarahkan serta mau memberikan masukan pada kami guna keberhasilan kami dalam perannya sebagai penerus tenaga pendidik di masa mendatang.

6.      Nilai Tambah yang diperoleh Mahasiswa dengan Mengikuti PPL
Banyak hal yang dapat kami peroleh dalam kegiatan PPL ini, diantaranya adalah semakin bertambahnya ilmu pengetahuan yang didapat oleh kami, pengalaman dan teknik mengajar yang baik dan benar dari guru pamong. Serta bagaimana mekanisme dan pembuatan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

7.      Saran Pengembangan bagi UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dan STKIP PGRI Nganjuk.
A.    Bagi UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk sebagai sekolah latihan telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi. Dalam hal ini kami ingin memberikan sedikit masukan agar sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran demi terwujudnya sistem belajar yang baik, terutama pada mata pelajaran Matematika. hendaknya media dan buku sumber untuk pelajaran matematika harus ditambah, agar siswa lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan. Serta penyampaian materi juga lebih efektif.

B.     Bagi STKIP PGRI Nganjuk
Bagi STKIP PGRI Nganjuk, hendaknya koordinasi antara pihak sekolah latihan, UPT PPL, dosen koordinator, dan dosen pembimbing lebih ditingkatkan demi terwujudnya calon pendidik yang profesional dan berkompeten di bidangnya. Kami menyadari masih dalam tahap belajar sehingga pengetahuan dan pengalaman yang berkaitan dengan belajar mengajar masih kurang, oleh karena itu kami masih membutuhkan arahan dan bimbingan dari berbagai pihak, khususnya bapak dan ibu guru UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk.

Demikianlah refleksi diri yang kami sampaikan semoga apa yang telah kami tulis bisa menjadi masukan yang berharga bagi semua pihak. Atas segala bantuan dari pihak sekolah, kami mengucapkan banyak terima kasih dan atas segala kekurangan yang terdapat didalamnya, kami memohon maaf.

Nganjuk,    September 2013
Mengetahui,
Guru Pamong





YULI ASTUTI, S.Pd
NIP.  19640710 198903 2 013
Mahasiswa PPL





J  U  W  A  I  N  I
NIM. 201010300570

Tidak ada komentar:

Posting Komentar