REFLEKSI DIRI
Nama : JUWAINI
NIM : 201010300570
Jurusan : Pendidikan
Matematika
Kegiatan PPL (Praktik
Pengalaman Lapangan) adalah semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh
mahasiswa, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam
semester – semester sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan
agar mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan lapangan dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pengajaran di sekolah atau di tempat latihan lainnya. Kegiatan
Praktik Pengalaman Lapangan meliputi: praktik mengajar, praktik administrasi,
praktik bimbingan dan konseling serta kegiatan yang bersifat kurikuler dan atau
ekstra kurikuler yang berlaku di sekolah atau tempat latihan. Kegiatan PPL dimulai
tanggal 26 September sampai dengan
tanggal 30 November 2013. Dalam pelaksanaannya, STKIP PGRI Nganjuk bekerjasama
dengan sekolah – sekolah ataupun lembaga pendidikan di kabupaten Nganjuk dan
salah satu sekolah yang ditunjuk adalah UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dan disinilah
kami ditempatkan.
Puji dan syukur praktikan
panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga praktikan
berhasil menyelesaikan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dengan lancar dan
menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. Dalam kegiatan PPL ini, kegiatan yang kami lakukan antara lain:
membuat perangkat program mengajar, melaksanakan kegiatan pembelajaran,
melaksanakan evaluasi, dan melaksanakan analisis hasil ulangan harian. Berdasarkan
kegiatan yang kami laksanakan selama masa PPL, kami dapat menyimpulkan bahwa UPTD
SMK Negeri 2 Nganjuk memang benar – benar
sekolah yang berkompeten dalam hal pendidikan. Dan untuk memenuhi kriteria
tersebut UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk telah menyediakan sarana dan prasarana yang
cukup memadai untuk proses belajar mengajar, dengan tenaga pengajar yang terampil
dan disiplin. Berkaitan dengan mata pelajaran yang kami ampu yaitu Bahasa
Inggris, pembelajarannya berlangsung baik. Menurut kami yang melakukan kegiatan
observasi di dalam kelas berkaitan dengan bidang studi yang kami tekuni, terdapat
beberapa hal yang dapat dilaporkan sebagai refleksi diri :
1. Keunggulan
dan Kelemahan Mata Pelajaran Bahasa
Inggris
A.
Keunggulan
Mata pelajaran
Bahasa Inggris merupakan pelajaran
yang diterima oleh siswa kelas X, XI dan XII semua jurusan di UPTD SMK Negeri 2
Nganjuk dengan rata – rara 4 jam sampai
5 jam pelajaran tiap kelas tiap minggunya. Untuk mengajarkan Matematika di perlukan guru yang profesional,
karena guru yang profesional dapat membuat siswa menyukai pelajaran Matematika.
Pembelajaran Matematika yang bersifat pasti dapat mempermudah siswa dalam
mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Kelemahan
Kelemahan yang
melekat pada mata pelajaran matematika adalah siswa menganggap bahwa pelajaran matematika
adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga siswa enggan untuk
mempelajarinya. Selain itu siswa juga menganggap pelajaran matematika merupakan
mata pelajaran yang tidak ada hal yang menyenangkannya apalagi kalau sudah
bertemu dengan rumus dan soal-soal. Hal ini merupakan tantangan terbesar untuk
kami dalam praktik mengajar.
2.
Ketersediaan Sarana dan Prasarana PBM di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk.
Secara
umum ketersediaan sarana dan prasarana belajar mengajar di UPTD SMK Negeri 2
Nganjuk sudah memadai. Dengan tersedianya buku-buku Matematika di perpustakaan
yang dapat dipinjam oleh siswa secara Cuma – cuma, selain itu siswa juga
memiliki buku LKS.
3. Kualitas
Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
A.
Guru Pamong
Dalam
pembelajaran Bahasa Inggris di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk diampu oleh Ibu Yuli Astuti ,S.Pd. Beliau
mengajar di beberapa jurusan pada kelas X dan XI. Dalam proses pembelajaran
seluruhnya sudah baik, karena beliau selalu memberikan materi pembelajaran
dengan cara yang mudah dimengerti siswa. Selain itu beliau juga memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Tak hanya itu, model pembelajaran yang
digunakan juga beragam, sehingga tidak membuat siswa bosan atau jenuh.
B.
Dosen Pembimbing
Dalam Praktik
Pengalaman Lapangan, kami dibimbing oleh dosen dari Prodi PDU / Ekonomi
Koperasi, yaitu Ibu Hj. Umi Hidayati, S.Pd, MM. Beliau sangat terbuka pada
seluruh Mahasiswa PPL yang dibimbingnya. Semua materi yang akan diajarkan dalam
praktik mengajar, sebelumnya dapat dikonsultasikan pada dosen pembimbing.
4.
Kualitas Pembelajaran di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
Mata
pelajaran matematika diberikan secara umum kepada seluruh siswa UPTD SMK Negeri
2 Nganjuk. Menurut kami, kualitas pembelajaran matematika di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk sudah baik, tetapi tetap perlu
ditingkatkan lagi, sehingga tujuan
pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.
5.
Kemampuan Diri Kami
Mengingat
kami sebagai pemula dalam proses belajar mengajar sehinggga masih banyak
kekurangan-kekurangan dan perlu banyak belajar baik dari guru pamong maupun
guru-guru senior yang lain. Baik dari segi pembuatan perangkat pembelajaran
maupun dalam praktik mengajar di kelas. kami merasa bersyukur karena memiliki
guru pamong yang sabar dalam membimbing dan mengarahkan serta mau memberikan masukan
pada kami guna keberhasilan kami dalam perannya sebagai penerus tenaga pendidik
di masa mendatang.
6.
Nilai Tambah yang diperoleh Mahasiswa dengan
Mengikuti PPL
Banyak
hal yang dapat kami peroleh dalam kegiatan PPL ini, diantaranya adalah semakin
bertambahnya ilmu pengetahuan yang didapat oleh kami, pengalaman dan teknik
mengajar yang baik dan benar dari guru pamong. Serta bagaimana mekanisme dan
pembuatan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar
mengajar.
7. Saran
Pengembangan bagi UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk dan STKIP PGRI Nganjuk.
A. Bagi UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk sebagai sekolah
latihan telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengimplementasikan ilmu
yang diperoleh di perguruan tinggi. Dalam hal ini kami ingin memberikan sedikit
masukan agar sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran demi terwujudnya
sistem belajar yang baik, terutama pada mata pelajaran Matematika. hendaknya
media dan buku sumber untuk pelajaran matematika harus ditambah, agar siswa lebih mudah untuk memahami materi yang
diajarkan. Serta penyampaian materi juga lebih efektif.
B. Bagi STKIP PGRI Nganjuk
Bagi STKIP PGRI Nganjuk, hendaknya
koordinasi antara pihak sekolah latihan, UPT PPL, dosen koordinator, dan dosen
pembimbing lebih ditingkatkan demi terwujudnya calon pendidik yang profesional
dan berkompeten di bidangnya. Kami menyadari masih dalam tahap belajar sehingga
pengetahuan dan pengalaman yang berkaitan dengan belajar mengajar masih kurang,
oleh karena itu kami masih membutuhkan arahan dan bimbingan dari berbagai
pihak, khususnya bapak dan ibu guru UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk.
Demikianlah refleksi diri yang
kami sampaikan semoga apa yang telah kami tulis bisa menjadi masukan yang
berharga bagi semua pihak. Atas segala bantuan dari pihak sekolah, kami
mengucapkan banyak terima kasih dan atas segala kekurangan yang terdapat
didalamnya, kami memohon maaf.
Nganjuk, September 2013
Mengetahui,
Guru Pamong
YULI ASTUTI, S.Pd
NIP. 19640710 198903 2 013
|
Mahasiswa PPL
J
U W A
I N I
NIM. 201010300570
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar