LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN
LAPANGAN
DI UPTD SMK NEGERI 2 NGANJUK
TAHUN 2013/2014
Ditulis guna melengkapi salah satu
persyaratan penyelesaian
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Oleh:
J U W A I N I
NIM. 2001010300570
Pendidikan Matematika
UNIT
PELAKSANA TEKNIS PENGALAMAN PROGRAM LAPANGAN
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN
GURU REPUBLIK INDONESIA NGANJUK
2013
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan hasil Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) ini, telah disetujui dan disahkan pada :
Hari : Jum’at
Tanggal : 29 November 2013
Menyetujui ;
Guru Pamong
YULI ASTUTI, S.Pd
NIP. 19640710
198903 2 013
|
Mahasiswa PPL
Drs. H. J
U W A
I N I
NIM. 201010300570
|
|
Mengetahui /
Mengesahkan ;
|
||
Kepala UPTD SMK
Negeri 2 Nganjuk
Drs. HERU HERTANTO,MPd
Pembina Tingkat I
NIP 19640717 198903 1 021
|
Dosen Pembimbing
Hj. UMI HIDAYATI, S.Pd. MM
NIDN. 0014066802
|
|
KATA
PENGANTAR
Alhamdulilah
kami panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya
sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
ini. Sholawat dan salam kami ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan
lil’alamin yang telah membimbing umatnya ke jalan yang benar.
Laporan
ini merupakan syarat untuk menyelesaikan mata kuliah PPL Mahasiswa Pendidikan
Matematika di STKIP PGRI Nganjuk. Laporan ini disusun berdasarkan hasil
observasi selama PPL di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk yang dilaksanakan selama 2
Bulan lebih yang dimulai dari tanggal 26
September 2012 s/d 30 Nopember 2012.
Selama
pelaksanaan PPL sampai dengan selesai ini, kami banyak menerima bantuan dan
dukungan dari berbagai pihak, karena
itu pada kesempatan ini kami
menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
- Bapak Drs. Heru Hertanto, M.Pd, selaku kepala UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk.
- Bapak Wijono, S.Pd selaku Waka Kurikulum UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
- Ibu Yuli Astuti, S.Pd selaku Pembimbing dan Guru Pamong Matematika UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk.
- Hj. Umi Hidayati, S.Pd, MM. selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak memberikan bantuan dan bimbingan dalam penyusun Laporan ini.
- Teman – teman Mahasiswa PPL STKIP PGRI Nganjuk.
- Dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah banyak memberikan banyak bantuan.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa yang
akan memberikan imbalan kepada Bapak/Ibu serta teman - teman dalam wujud lain
yang sesuai dengan kepentingan dan membalas semua amal baik. Akhirnya
penyususun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekeliruan dan masih
jauh dari sempurna, maka kritik dan saran demi kemajuan bersama sangat kami
harapkan.
Nganjuk, November 2013
Penyusun,
Juwaini
PROFIL UPTD SMK NEGERI 2 NGANJUK
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 2 NGANJUK
Alamat :
Jl. Lawu No. 3 Kel. Kramat – Nganjuk 64419
Telpon / Fax :
0358-321951 / 0358-322677
E-mail :
smkn2_nganjuk@yahoo.com
UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk adalah
salah satu sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Nganjuk yang mengembangkan
pendidikan berbasis Life-Skill dengan mengampu 4 Program Studi yakni,
Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Tata Niaga, dan Tata Busana. UPTD SMK
Negeri 2 Nganjuk berdiri mulai tahun 1983 yang mengawali kiprah di dunia pendidikan
dengan nama SMEA Persiapan.
UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk selain
memacu prestasi akademis siswa, juga mengembangkan kewirausahaan siswa dengan
wadah kewirausahaan berupa Bisnis Center dan Teaching Factory. Sehingga dengan
hal itu, UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk punya harapan besar nantinya pada semua
lulusannya yang diharapkan dapat mengelola sumber daya yang ada di kabupaten
Nganjuk, tidak hanya menjadi pekerja saja, tapi lebih dari itu yakni menjadi
tuan rumah di negeri sendiri.
VISI DAN MISI
Visi :
Terwujudnya tamatan yang bertaqwa, dapat berwirausaha, dan
bersaing di pasar kerja
Misi :
1.
Membekali peserta
didik menjadi insan yang beriman, disiplin, jujur, bermoral, dan berbudaya
2.
Membekali kemeampuan
dan keterampilan menjadi tenaga kerja terampil sesuai dengan tuntutan dunia
kerja, dunia usaha dan dunia industry
3.
Menyiapkan tamatan
yang mampu berwirausaha
4.
Mencipatakan sekolah
adiwiyata
5.
Meningkatkan mutu
pelayanan
TUJUAN UPTD SMK NEGERI 2 NGANJUK
1.
Mempersiapkan lulusan yang
memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja kompeten sesuai
program keahlian.
2.
Membekali siswa untuk
berkarir, mandiri yang mampu beradaptasi dilingkungan kerja sesuai bidangnya
dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di masyarakat.
3.
Membekali siswa sikap profesional
untuk mengembangkan diri dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional
dan internasional.
FASILITAS
DI UPTD SMK NEGERI 2 NGANJUK
UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk memiliki fasilitas sebagai
penunjang kegiatan belajar mengajar di antaranya :
v Ruang
kelas yang nyaman
v Lab.
Komputer ber-AC sebanyak 3 ruang dengan masing2 ruang 20 unit komputer
v Lab.
Notebook (Laptop) untuk akses pembelajaran via internet
v Internet
Free Hotspot Area
v Lab.
Adm. Perkantoran
v Lab.
Akuntansi
v Lab.
Menjahit
v Lab.
Bahasa Inggris (Self Access)
v Kantin
sekolah yang bersih dan nyaman
v Perpustakaan
yang menyediakan berbagai macam sumber ilmu
v Bisnis
Center ESEMKA yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan
model swalayan sekaligus menjadi sarana kewirausahaan bagi siswa
v Teaching
Factory yang menjadi pusat pembelajaran siswa untuk berwirausaha
v Koperasi
Siswa
v Kantin
Kejujuran
v Lapangan
Basket, Voli, Futsal, dan Tenis Meja
v Mushola
v Ruang
UKS
EKSTRA KURIKULER DI UPTD SMK NEGERI 2 NGANJUK
UPTD
SMK Negeri 2 Nganjuk memiliki beberapa kegiatan ekstra kurikuler sekolah
sebagai wadah pengembangan bakat siswa di antaranya :
Ø Pramuka
Ø Palang
Merah Remaja (PMR Wira Satya Bhakti)
Ø Majelis
Ta’lim
Ø Seni
Teater
Ø English
Club
Ø Ekskul
Volley
Ø Ekskul
Basket
Ø Ekskul
tari
Ø Ekskul
Musik
Ø Ekskul
Paskibraka
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL..................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN...................................................................... ii
KATA PEGANTAR ..................................................................................... iii
PROFIL
SEKOLAH..................................................................................... iv
DAFTAR ISI ................................................................................................ vii
BAB I :
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang....................................................................... 1
B. Tujuan
Praktek Pengalaman Lapangan................................... 3
C. Manfaat
Praktek Pengalaman Lapangan................................ 3
BAB II : LANDASAN
TEORI
A. Landasan
Pendidikan Nasional.............................................. 5
B. Landasan
Praktik Pengalaman Lapangan............................... 5
BAB III : PELAKSANAAN
A. Waktu..................................................................................... 9
B. Tempat.................................................................................... 9
C. Tahapan
Kegiatan................................................................... 9
D. Materi
Kegiatan...................................................................... 9
E. Proses
Bimbingan................................................................... 9
F. Hal
– hal yang Mendukung dan Menghambat....................... 10
BAB IV : PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................. 11
B. Saran....................................................................................... 11
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
|
Refleksi Diri
|
10.
|
Jurnal Mengajar
|
|
2.
|
Kalender Pendidikan
|
11.
|
Catatan Penugasan
|
|
3.
|
Rencana Pekan Efektif
|
12
|
Kisi – Kisi Soal
|
|
4.
|
Program Tahunan
|
13.
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|
5.
|
Program Semester
|
14.
|
Daftar Nilai
|
|
6.
|
Jadwal Mengajar
|
15.
|
Analisis Hasil Evaluasi
|
|
7.
|
Silabus
|
16.
|
Program Pengayaan / Perbaikan
|
|
8.
|
RPP
|
17.
|
Kartu soal
|
|
9.
|
Daftar Hadir
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
STKIP
PGRI Nganjuk sebagai salah satu LPTK yang berfungsi menghasilkan tenaga
kependidikan berusaha meningkatkan mutu lulusan antara lain dengan menjalankan
kerja sama dengan berbagai pihak yang berkompeten dalam menjalankan pendidikan.
STKIP
PGRI Nganjuk sebagai penghasil tenaga pendidik menjalin kerjasama dengan
sekolah – sekolah sebagai upaya penerapan tenaga kependidikan yang profesional.
Dengan
penyiapan tenaga kependidikan yaitu yang terdiri dari tenaga pembimbing, tenaga
pengajar dan tenaga pelatih diperlukan suatu kompetensi sebagai tenaga
kependidikan. Dalam memperolah kompetensi tersebut para mahasiswa STKIP PGRI
Nganjuk wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) yang meliputi semua kegiatan kurikulum yang harus
dilakukan oleh mahasiswa PPL, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang
diperoleh dalam perkuliahan, sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dalam
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di luar sekolah.
Mata
kuliah Praktik Pengalaman Lapangan merupakan bagian integral dari Kurikulum
Pendidikan Tenaga Kependidikan berdasarkan kompetensi yang termasuk di dalam
progaram kurikulum STKIP PGRI Nganjuk. Oleh karena itu Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) merupakan program yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa dari semua
Prodi yang ada di STKIP PGRI Nganjuk agar tercetak calon pendidik yang
profesional dan berkualitas yang mempunyai kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. PPL itu sendiri
bertujuan membentuk mahasiswa PPL untuk bisa menerapkan teori yang diperoleh
dalam semester – semester sebelumnya sesuai dengan persyaratan yang telah
ditetapkan agar mereka memperoleh pengalaman dan ketrampilan lapangan dalam
penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran.
Dalam
pelaksanaan PPL ini kami dituntut untuk mengikuti kegiatan praktik yang
meliputi praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan
konseling serta kegiatan yang bersifat kukurikuler dan atau esktra kurikuler
yang ada di tempat latihan. Dengan tujuan yang ingin dicapai tersebut, maka STKIP
PGRI Nganjuk mengadakan program PPL dengan cara menjalin kerjasama antar
beberapa pihak yang berkompetensi dalam pelakasanaan pendidikan dengan pihak –
pihak sekolah baik negeri maupun swasta
Praktik
Pengalaman Lapangan yang diadakan merupakan proses pelatihan mahasiswa untuk terjun langsung dalam kegiatan
belajar-mengajar dalam sekolah latihan dan bertindak sebagai guru. Tidak
berhenti dari situ saja sebagai seorang guru juga sebagai tenaga kependidikan harus
mempunyai beberapa kemampuan khusus yang nantinya bisa diterapkan dalam praktik
mengajar yang sebenarnya. Menurut teori tiga dimensi,
kompetensi guru dikemukakan bahwa kompetensi guru ini mencakup tiga materi,
yaitu :
1. Sifat kepribadian yang luhur
2. Penguasaan bidang studi
3. Keterampilan mengajar
Disamping itu ada 10
kompetensi guru yang lain yaitu ;
1. Penugasan materi
2. Pengelolaan kelas
3. Penguasaan media atau sumber
4. Penugasan landasan kependidikan
5. Mengelola interaksi belajar mengajar
6. Menilai prestasi hasil belajar siswa
7. Mengelola program belajar mengajar
8. Mengenal dan mampu menyelenggarakan administrasi
sekolah.
9. Mengenal fungsi dan program layanan bimbingan dan
penyuluhan
10. Memahami prinsip-prinsip dan mampu menafsirkan hasil
penelitian guna keperluan pengajaran sekolah merupakan sarana
untuk mendidik siswanya melalui pengajaran.
Pengajaran
tidak hanya berperan dalam pembinaan Intelektual dan tidak hanya berperan dalam
mementingkan nilai praktis yang berupa pelatihan ketrampilan kerja, tetapi jasa
sekolah hendaknya sampai pada pengembangan kepribadian siswa yang mencakup
pembentukan kognitif, afektif dan psikomotorik.
Untuk
itulah sebagai awal pengalaman mengajar mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk dari
program kependidikan wajib mengikuti Program Pengalaman Lapangan.
B. Tujuan
Praktek Pengalaman Lapangan
Praktek
pengalaman lapangan ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa praktikan agar
menjadi calon tenaga kependidikan yang profesional, sesuai dengan prinsip
pendidikan berdasarkan kompetensi yang meliputi kompetensi profesional,
kompetensi personal dan kompetensi kemasyarakatan.
1. Kompetensi professional
Ø Menguasai
bahan
Ø Mengelola
program belajar mengajar
Ø Mengelola
kelas dan Menggunakan sumber balajar.
2. Kompetensi
personal
Ø
Kedewasaan dalam berfikir
Ø
Kemandirian dalam bersikap
Ø
Keantusiasan dalam bertugas
Ø
Disiplin dalam tugas dan kewajiban
Ø
Atensi yang tinggi terhadap siswa.
3. Kompetensi
kemasyrakatan
Ø Efektifitas
hubungan dengan program sekolah
Ø Ketertiban
langsung dengan program sekolah
Ø Pertisipasi
konstruktif dalam kegiatan kemasyarakatan
C. Manfaat
Praktek Pengalaman Lapangan
Dalam
pelaksanaan PPL ini akan memberikan
manfaat bagi pihak yang terkait antara lain :
1.
Pihak
UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
Dapat meningkatkan dan
memperbaiki kualitas pendidikan melalui pemantauan terhadap mahasiswa PPL
sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dan koreksi. Dapat menjalin kerjsama
yang baik antar institusi sekolah dengan lembaga pendidikan STKIP PGRI Nganjuk.
2.
Pihak
STKIP PGRI Nganjuk
Memperluas dan
meningkatkan jaringan serta kerjasama dengan pihak sekolah. Memperoleh masukan
tentang PPL mengenai kurikulum yang digunakan sebagai pedoman dalam mengajar,
metode yang diterapkan dalam mengajar dan pengelolaan kelas dalam proses
belajar mengajar di sekolah.
3.
Pihak
Mahasiswa PPL
a. Dapat
mengetahui kondisi-kondisi sekolah yang meliputi kondisi fisik, struktur
organisasi sekolah, administrasi sekolah, tata tertib, kegiatan kesiswaan,
sarana dan prasarana, dan kalender akademik yang dijadikan acuan dalam
pelaksanaan program - program sekolah.
b. Dapat
memperoleh informasi dan pengelola sekolah berkaitan dengan fungsi dan
tugasnya.
c. Dapat
mngetahui model-model pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata diklat yang
bersangkutan.
d. Dapat
memahami kurikulum, khususnya yang berkaitan dengan mata diklat mahasiswa PPL.
e. Dapat
berlatih melaksanakan sebagian tugas pengajaran dan non pengajaran.
f. Dapat
melakukan latihan pengajaran secara terbimbing.
g. Dapat
berlatih menyusun program tahunan, program semester, dan rencana pengajaran.
h.
Dapat mengetahui cara-cara penanganan masalah
siswa.
i.
Mahasiswa dapat menyusun rancangan kegiatan PPL
secara terbimbing
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Landasan
Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasional Indonesia
berlandaskan pada :
1. Pancasila
2. Undang-undang
Dasar 1945
3. Undang-undang
No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
B. Landasan
Praktik Pengalaman lapangan (PPL)
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program STKIP PGRI Nganjuk yang berlandaskan
berdasarkan :
1.
Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
2.
Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 1990 tentang
Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah No. 38 tahun 1990 tentang Tenaga
Kependidikan
Tentang
pedoman Praktik Pengalaman Lapangan bagi mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk adalah :
a. Praktik
Pengalaman Lapangan meliputi semua kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh
mahasiswa PPL, sabagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam
semester – semester sebelumnya, sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan
agar mereka memperoleh pengalaman dan ketrampilan dalam penyelengaraan
pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
b. Kegiatan
praktik pengalaman lapangan meliputi : praktik mengajar, praktik administrasi,
praktik bimbingan dan konseling sarta kegiatan pendidikan lain yang bersifat kukurikuler
dan atau ekstrakurikuler yang berlaku di sekolah / masyarakat.
c. PPL
merupakan salah satu program dalam pendidikan pra jabatan guru yang direncang
khusus untuk menyiapkan para calon guru menguasai kemampuan keguruan yang
terintegrasi dan utuh, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya dan
diangkat menjadi guru, mereka siap mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagi
guru. (dalam LGK Wardani dan Anan
Suhaenah S : 1994 : 2)
3. Surat
Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 056/4/1996 tentang pedoman program pengalaman
lapangan bagi mahasiswa IKIP dan FKIP se Indonesia.
Ø Kompetensi
Yang Harus Dimiliki Guru
Berdasarkan
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Kompetensi Guru meliputi
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
1. Kompetensi
Pedagogik
Kompetensi pedagogik
adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi :
·
Pemahaman terhadap peserta didik
-
Kemampuan membantu siswa menyadari
kekuatan dan kelemahan diri
-
Kemampuan membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan diri
-
Terbuka terhadap pendapat siswa
-
Memiliki sifat sensitif terhadap
kesulitan siswa
·
Perancangan dan pelaksanaan pembelajaran
-
Kemampuan merumuskan Indikator
pembelajaran
-
Kemampuan memilih materi pembelajaran
sesuai dengan indikator / kompetensi
-
Kemampuan memilih dan mendayagunakan
media pembelajaran
-
Kemampuan mengorganisasikan urutan
materi
-
Kemampuan mengevaluasi hasil
pembelajaran
·
Evaluasi hasil belajar
·
Pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasi berbagai potensi yang dimilikinya
2.
Kompetensi
Kepribadian
Kompetensi
kepribadian adalah kepribadian yang :
·
Mantap
·
Stabil
·
Dewasa
·
Arif
·
Berwibawa
·
Teladan bagi peserta didik
·
Berakhlak mulia
Indikator kompetensi kepribadian mencakup :
Kemantapan untuk menjadi guru
Ø Kestabilan
emosi dalam menghadapi persoalan kelas/siswa
Ø Kedewasaan
bersikap terhadap persoalan kelas/siswa
Ø Memiliki
kearifan dalam menyelasaikan persoalan kelas/siswa
Ø Kewibawaan
sebagai seorang guru
Ø Sikap
keteladanan bagi peserta didik
Ø Berakhlak
mulia sebagai seorang guru
Ø Kedisiplinan
menjalankan tugas dan ketaatan terhadap tata tertib
Ø Sopan
santun dalam pergaulan di sekolah
Ø Kejujuran
dan tanggung jawab
3.
Kompetensi Sosial
Kompetensi
sosial adalah kemapuan berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan :
Ø Peserta didik
Kemampuan
berkomunikasi dengan peserta didik
Ø Sesama pendidik
Kemampuan
berkomunikasi dengan sesama guru
Ø Tenaga kependidikan
Kemampuan
berkomunikasi dengan pimpinan sekolah, staf TU, dan karyawan sekolah
Ø Orang tua/ Wali
peserta
didikKemampuan berkomunikasi dengan orang tua/ wali peserta didik
Ø Mayarakat sekitar
Aktifitas
dalam mengikuti ekstra kurikuler
4. Kompetensi
Profesional
Kompetensi
profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan
mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi
yang telah ditetapkan dalam standar nasional. Indikator kompetensi profesional
meliputi :
·
Penguasaan materi
·
Kemampuan membuka pelajaran
·
Kemampuan bertanya
·
Kemampuan mengadakan variasi pembelajaran
·
Kejelasan dalam penyampaian materi
·
Kemampuan mengelola kelas
·
Kemampuan menutup pelajaran
·
Ketepatan antara waktu dan materi pelajaran
BAB III
PELAKSANAAN
A.
Waktu
Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 26 September 2013 sampai dengan 30
November 2013.
B. Tempat
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk yang
berlokasi di Jalan Lawu No. 3 Kel. Kramat Kec. Nganjuk.
C. Tahapan Kegiatan
Praktek
Pengalaman Lapangan dilaksanakan kurang lebih 2 bulan yang mulai dilaksanakan
pada pertengahan semester VII. Pada PPL
ini kami terlebih dahulu mengadakan bimbingan dengan guru pamong
mengenai penempatan PPL mengajar. Kami kemudian memulai melaksanakan KBM dan betindak
sebagai guru di kelas dengan membuat perangkat pembelajaran yang telah
ditetapkan dan tidak terlepas dari pengawasan dan bimbingan guru pamong dan
dosen pembimbing
D. Materi Kegiatan
Materi kegiatan PPL
meliputi:
1. Observasi
dan orientasi tempat latihan.
2. Wawancara
3. Menyusun
Tugas Mengajar, Satuan Acara Pembelajaran, Prota, Promes dan RPP
4. Observasi
proses belajar mengajar (PBM)
5. Pengajaran
terbimbing
6. Pengajaran
mandiri
E. Proses Bimbingan
Sebelum melakukan praktik mengajar
terlebih dahulu guru pamong memberikan pengarahan dan bimbingan mengenai pembuatan
perangkat pembelajaran yang meliputi Satuan Acara Pembelajaran, Rencana
Pembelajaran, Program Tahunan, Program Semester. Dalam melaksanakan praktik
mengajar guru pamong memberikan masukan-masukan berupa kritikan dan saran
mengenai kelebihan dan kekurangan dari praktikan baik tentang penguasaan meteri
dan pengelolaan kelas ketika sedang melakukan praktik mengajar.
Selain mendapat
bimbingan dari guru pamong kami juga melakukan bimbingan kepada dosen
pembimbing. Materi dan rencana pengajaran sebelum sebelum digunakan untuk
mengajar terlebih dahulu dikonsultasikan pada guru pamong maupun dosen
pembimbing, dan apabila disetujui maka proses belajar mengajar dilaksanakan
sesuai dengan yang direncanakan dalam rencana pembelajaran.
F. Hal-hal yang Mendukung dan Menghambat
Dalam
pelaksanaan KBM praktikan menemukan beberapa hal yang mendukung dan menghambat
proses pelaksanaan PPL yaitu :
a.
Hal-hal yang mendukung
Ø Interaksi
antar sesama Mahasiswa PPL, dengan siswa, guru, dan anggota sekolah sangat
harmonis.
Ø Antusiasme
peserta didik dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh Mahasiswa PPL
sangat tinggi.
Ø Proses
bimbingan baik bimbingan terhadap guru pamong maupun dengan dosen pembimbing
berjalan dengan baik dan lancar.
Ø Sarana
dan prasarana sekolah yang memadai sangat mendukung kegiatan belajar mengajar.
b.
Hal-hal yang menghambat
Ø Sulit
bagi kami untuk mengendalikan peserta didik yang ramai sendiri dikelas saat KBM
berlangsung sehingga sangat mengganggu konsentrasi belajar.
Ø Mata
pelajaran matematika masih dianggap sangat
membosankan dan masih menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit.
Ø Terkadang
siswa menganggap remeh Mahasiswa PPL / Guru PPL karena posisi yang masih dalam
praktik mengajar, sehingga ada siswa yang tidak memperhatikan pelajaran
Ø Peserta
didik kurang menghormati Mahasiswa PPL / Guru PPL karena adanya perbedaan umur
yang relatif sedikit, sehingga peserta didik menganggap sama seperti teman
sebaya
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Peranan Praktik
pengalaman lapangan (PPL) sangat besar dalam pencapaian lulusan yang
berkualitas pada setiap mahasiswa program pendidikan, yaitu sebagai tambahan
wawasan mengenai aktualisasi kurikulum dan perangkat yang menyertainya pada
sekolah. Dengan adanya PPL ini mahasiswa
akan terbuka cakrawala pandangannya tentang kondisi realitas sekolahan yang
nantinya akan digeluti setelah lulus nanti.
Mahasiswa PPL
setelah melakukan PPL ini diharapkan
sudah dapat membuat Prota, Promes, Satuan acara pembelajaran, Nilai – Nilai
karakter, Rencana pembelajaran, silabus dan pengembangan nilai silabus serta
pemetaan standar kompetensi bagi sekolah yang sudah menerapkan kurikulum
berbasis kompetensi. Selain itu juga PPL
melatih mahasiswa agar mampu menyiapkan dan mengatur fasilitas dasar
fisik yang diperlukannya dalam mengajar, menguasai ketrampilan dasar mengajar
yang bersifat generik dan mampu menerapkan berbagai kemampuan keguruan secara
utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata di sekolah dibawah bimbingan para
pembimbing. Dilihat dari kondisi, sarana dan prasarana maupun keadaan UPTD SMK
Negeri 2 Nganjuk sudah cukup baik namun masih perlu perbaikan diberbagai segi.
B.
Saran
Untuk
meningkatkan kualitas lulusan, maka UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk perlu melakukan
perbaikan di berbagai segi antara lain yaitu penambahan sarana dan prasarana
pendukung belajar mengajar peningkatan sumber daya pendidik, peningkatan
kualitas input siswa, sarana kesehatan dan perpustakaan harus diperhatikan
sehingga akan tercipta lingkungan sekolah yang kondusif.
Diharapkan
adanya sumber dan media belajar untuk setiap mata pelajaran tanpa ada
pengecualian seperti buku-buku referensi dan sarana pendukung lainnya sehingga
proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
Selain itu
kegiatan ekstra kurikuler juga perlu dikembangkan untuk mencari dan
mengembangkan bakat siswa dan tidak hanya ekstra-ekstra tertentu yang menonjol
saja yang dikembangkan tetapi juga perlu tambahan – tambahan ekstra kurikuler
yang lain sehingga siswa memiliki prestasi yang membanggakan diluar kemampuan
akademiknya.
punya logo untuk prodi bahasa inggris?
BalasHapus